Monday 15 July 2013

Bahan bakar air solusi krisis energi



Kita tahu bahwa permasalahan yang paling ramai dibahas warga dunia sekarang ini adalah masalah krisis energy,semakin hari persediaan energy dunia semakin menipis, namun permasalahan ini sedikit dapat teratasi dengan ditemukannya teknologi bahan bakar menggunakan air. Teknologi ini terbilang sangat membantu kita selain karena jumlahnya melimpah bahan bakar air ini juga sangat ramah lingkungan. Proses terjadinya bahan bakar ini tidak terjadi secara langsung namun melalui beberapa proses,proses ini disebut proses elektrolisis air. Proses ini bertujuan untuk menjadikan air sebagai bahan campuran bahan bakar . Dengan bantuan arus listrik  molekul air akan bereaksi dengan menangkap electron dan akan menghasilkan  gas H2.

 2H+ + 2e- H2 dan ion hidroksida (OH-)

Sedangkan pada anoda molekul air akan teruarai menjadi gas oksigen (O2), 4 ion H+ akan terlepas secara bersamaan dan electron akan mengalir ke katoda

2O2 –O2 + 2e-

Ion  H+ dan  OH- akan mengalami netralisasi sehingga membentuk kembali molekul molekul air.
Gas hydrogen dan oksigen yang dihasilkan dari reaksi tersebut membentuk gelembung gas yang mengumpul disekitar elektroda. Elektrosis ini akan mengubah dari energy listrik menjadi energy kimia.
Proses elektrosis ini terjadi dan berlangsung dengan menggunakan alat penghemat bahan bakar mengguanakan air yang biasa disebut elektroliser. Pada elektroliser ini air dipecah menjadi das H2O atau yang biasa disebut gas brown. Elektroliser akan menghasilkan  hydrogen dengan cara mengalirkan arus listrik pada larutan air yang mengandung larutan elektrolit. Sedangkan Medan magnet akan merubah struktur  atom Hidrogen dan Oksigen pada air dari bentuk diatomic menjadi monoatomik.





Proses ini akan menghasilkan berupa gelembung-gelembung yang terlihat dalam tabung elektroliser. Gelembung ini akan terus bertambah dan naik ke permukaan air. Saat gelembung gas hidrogen dan oksigen terlepas dari permukaan air, partikel gas tersebut akan berikatan kembali ruang udara sebagai brown gas atau gas H2O. Brown gas merupakan bahan bakar yang kuat, bersih, dan mengurangi emisi gas buang, yang merupakan inti dari teknologi yang dapat mengirit penggunaan bahan bakar menggunakan air ini.


Keuntungan menggunakan bahan bakar air:
1. Meningkatkan tenaga kendaraan
2. Dapat merawat mesin menjadi lebih awet
3. Membuat suara mesin menjadi halus
4. Mengurangi polusi dari mesin kendaraan
5. Menghemat penggunaan bahan bakar pada kendaraan

Komponen komponen alat pembantu pada bahan bakar air :

1. Tabung Elektroliser



2. Elektroda


3. Elektrolit





4. Water Trap






0 comments:

Post a Comment