Thursday, 11 July 2013

5 alasan kenapa memilih mobil diesel


Mesin diesel memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan mesin bensin,berikut merupakan alasan kenapa memilih mobil bermesin diesel

  • Torsi Mobil Diesel

Mesin Diesel mempunyai torsi yang lebih besar terutama pada putaran bawah, torsi yang besar akan memberikan keuntungan saat melewati medan yang menanjak dan membawa beban berat, torsi yang besar akan sangat diperlukan saat mobil melewati medan-medan off road seperti medan mendaki/ menanjak, medan berbatu, medan berpasir, medan pegunungan, inilah alasan mengapa mobil truck banyak menggunakan mesin diesel.

  • Daya tahan mesin

Mesin diesel bisa bekerja lebih lama dalam hitungan hari mesin diesel mampu untuk tetap hidup, ini berbeda dengan mesin bensin yang relatif tidak setangguh diesel. jika digunakan untuk mengangkut beban yang sama dipastikan mesin diesel akan jauh lebih awet daripada mesin bensin (memiliki usia mesin yang panjang)

  • Efisiensi bahan bakar

Mesin Mobil Diesel lebih efisien atau lebih hemat bahan bakar daripada mesin bensin dengan kapasitas silinder mesin yang sama dengan beban yang sama, hal ini akan terlihat dengan jelas saat menempuh perjalanan jarak jauh/antar kota/ melewati trck panjang seperti jalan tol, hal ini membuat mesin diesel dikatakan lebih ekonomis daripada mesin bensin.
Mesin diesel tidak memiliki komponen elektrik seperti busi dan beberapa komponen lain, sehingga mobil mesin diesel lebih aman dibandingkan mobil mesin bensin saat melintasi medan berair seperti banjir atau jalan sungai.

  • Polusi

Mesin Diesel relatif sedikit memberikan polusi pada udara, meskipun asapnya kadang pekat akan tetapi ini tidak mencemari udara seperti pada mesin bensin, hal ini karena bahan bakar yang digunakan mesin diesel sebenarnya lebih ramah lingkungan misalnya bio diesel atau solar.

  • Perawatan Mesin 

Mobil Mesin Diesel relatif mudah untuk perawatannya, mesin ini jarang mengalami kerusakan, akan tetapi banyak teknisi yang belum paham benar mengenai mesin diesel ini karena kebanyakan mobil diindonesia menggunakan mesin bensin, akan tetapi biaya perawatan secara total akan lebih murah  mesin diesel.

0 comments:

Post a Comment