Wednesday 17 July 2013

Mesin berbahan bakar gas lebih hemat dibandingkan bensin





Dalam kehidupan seharihari, kita tidak pernah lepas dari penggunaan Bahan Bakar atau yang sering disebut dengan BENSIN. Padahal masih banyak bahan bakar alternatif yang bisa kita gunakan LPG adalah salahsatunya. LPG (Gas yang dicairkan) dan CNG (Gas yang diberi tekanan tinggi) sama-sama berasal dari perut bumi. Akan tetap LPG saat ini adalah yang paling umum dijumpai dalam keseharian kita dibandingkan dengan gas CNG.
Bahan bakar gas (BBG) diperoleh dari pengolahan gas bumi melalui destilasi bertekan tinggi. Kemudian diproses kembali dalam proses cyorganik (suhu rendah dan tekanan tinggi), sehingga masing-masing menjadi 3 BBG. Liqufied natural gas (LNG), liqufied petroleum gas (LPG) dan compressed natural gas (CNG). 
Karena LPG yang banyak digunakan maka pembahasan yang dilakukan juga LPG. LPG mempunyai perbandingan atom C dan H yang lebih mendekati bensin dari pada metana. Bahan utama LPG hampir 99% adalah propane (C3H5) dan butane (C4H10) dan tersimpan dalam kondisi cair pada temperatur sekitar (lingkungan) pada tekanan (0,7-0,8 Mpa atau 7-8 bar). 
Menurut salah buku motor bakar , LPG  dapat juga dimasukkan ke dalam mesin melalui karburator atau sistem penyemprotan secara elektronik. Karena LPG sudah bertekanan untuk menyalurkan ke dalam ruang bakar mesin tidak memerlukan pompa. Secara empiris pun LPG mendekati bensin. 




Bensin  2C8H22 + 27O2 ----> 16CO2 + 22H2O 

Dari reaksi jelas terlihat kalau bensin membutuhkan 27 oksigen. 
Dilihat secara empiris kesetaraan reaksi LPG juga dapat dilihat C3H8 + 5O2 ---> 3CO2 + 4H2O.  sementara LPG hanya membutuhkan 5 oksigen. LPG memiliki bilangan angka oktan lebih tinggi dari bensin. Menurut literatur John Robinson diketahui kalau LPG memiliki angka oktan di atas 100. Artinya cocok dengan mesin kompresi tinggi. 



Perlu diingat AFR yang diperlukan untuk menghasilkan power sangat miskin. Angka AFR (stoichiometric) untuk LPG adalah 15,5:1 sedangkan bensin 14,7:1.
Jadi jika anda saat ini memiliki kendaraan ber cc besar dengan konsumsi bensin 1 liter untuk 6 km, maka dari perbandingan dan perhitungan grafik di atas bisa kita hitung jika menggunakan 1 Kg LPG dapat digunakan untuk 13,68 Km, atau dengan tabung LPG 12 Kg dapat digunakan untuk jarak tempuh 164,14 Km (Rp. 70.000,- s/d Rp. 80.000,- per 12 Kg LPG)

0 comments:

Post a Comment