Sunday 18 November 2012

Angin Menjadi Inspirasi FERRARI XEZRI


Terinspirasi dari sebuah angin yang terdapat di bagian barat Laut Kaspia membuat desain konsep lulusan IED Turin, Samir Sadikhov menjadi juara kedua di ajang Ferrari World Design Contest melalui mobil berjuluk Xezri.
Supercar yang namanya diambil dari angin tersebut dirancang inovatif, berteknologi tinggi dengan solusi yang dibutuhkan dari sebuah mobil ringan yang dapat dikebut di jalan raya maupun sirkuit.

Sadikhov menyatakan jika mobil ini juga mengambil intisari desain dari mobil-mobil Ferrari masa silam dan saat ini, serta mempresentasikan ke bentuk mobil masa depan.

Oleh pria asal Azerbaijan yang sering mempresentasikan mobil konsep rancangannya ini, Xezri dibuat aerodinamis dengan menambah gaya downforce, penghilangan kaca spion dan beberapa komponen besar seperti rear wing juga dilakukan, tentu agar mobil makin mantap membelah angin.

Agar tak ada angin yang terhenti dikolong mobil, underbody dibuat rata. Layaknya mobil Formula. Selain itu, kisi-kisi udara besar tetap dipasang sebagai pendingin mesin dan rem. Sedangkan panel aerolastic winglet terinspirasi oleh Ferrari 458 Italia.

Disamping itu, ada lagi perangkat wing silver dibelakang atap. Sayap tersebut mendominasi bagian atas, dengan air intake dan adjustable aerodynamic spoiler. Semakin istimewa, bahan carbon fiber mendominasi beberapa panel interior dan eksterior, yang membuat Xezri makin ringan.

0 comments:

Post a Comment